Google Play Store, Situs e-Commerce Modern

Google Play Store, sebuah situs resmi buatan Google yang menjual aplikasi-aplikasi untuk produk operasi sistemnya yaitu Android. Di situs ini jutaan aplikasi Android dijual baik yang berbayar (paid) ataupun gratis (free). Pengguna yang memiliki akun Google bisa melakukan transaksi di situs ini.

Google, pendiri situs tersebut merupakan sebuah perusahaan multinasional Amerika yang menjual produk-produk produktifitas, mesin pencari internet, dan beberapa produk dan layanan software lainnya. Perusahaan ini didirikan oleh Larry Page dan Sergey Brin lulusan dari Stanford University, California. Nama "Google" pertama kali terdengar pada tahun 1998. Produk paling pertama Google yaitu mesin pencari yang terkenal sampai sekarang yang bernama "Google". Seiring perkembangan waktu, mesin pencari mereka tersebut begitu populer dan berkembang pesat. Tak hanya mesin pencari, Google juga menyediakan layanan internet lainnya seperti Google Calendar, Gmail, Google Docs, Google AdSense, Google Maps, Google Wallet, Blogger, YouTube, Picasa, Google Drive, hingga Android. Saat ini Google menjadi salah satu raksasa "Silicon Valley" bersama Apple dan Microsoft dan bermarkas di Mountain View, California.

Situs "Google.com" paling pertama

Google terkenal dengan slogan uniknya yaitu "Don't be evil", yang secara tersirat berarti bersaing tanpa menjadi musuh. Perusahaan ini memiliki misi yaitu "to organize the world's information and make it universally accessible and useful". Google sangat mengedepankan keterbukaan akan informasi dalam filosofinya, sehingga banyak produk-produknya yang dikelola secara open-source dan terbuka untuk umum.

Play Store versi desktop
Play Store versi mobile

Google Play Store merupakan metamorfosa dari toko aplikasinya yang lama yaitu Android Market. Pada dasarnya, toko aplikasi ini tidak hanya "mengudara" melalui situs Play Store. Jika pengguna menggunakan perangkat Android, Google menyediakan aplikasi "native" untuk mengakses situs tersebut. Seperti situs berbasis e-commerce lainnya, situs ini pastinya memiliki kelebihan dan kekurangan, berikut saya paparkan listnya.

Kelebihan :
  • Terkoneksi dengan akun Google (hampir setiap orang memilikinya).
  • Terintegrasi langsung dengan perangkat Android yang pengguna miliki, sehingga saat membeli aplikasi melalui situs desktop maka aplikasi langsung diterima di perangkat Android mereka.
  • Metode pembayaran menggunakan Google Wallet.
  • Produk dikategorikan dengan rapi dan terorganisir.
Kekurangan :
  • Hanya pengguna yang memiliki perangkat Android yang dapat bertransaksi.
  • Produk jarang diupdate.

Toko aplikasi Play Store ini sudah jauh lebih baik dari versi sebelumnya yaitu Android Market. Situs ini sudah memiliki fitur dan pengelolaan yang baik, namun situs ini perlu perbaikan tampilan webnya sehingga pengguna yang mengaksesnya dari desktop tidak akan merasa bosan berbelanja di situs tersebut. Bagaimanapun juga, Play Store sudah menjadi salah satu situs e-commerce paling modern yang ada saat ini. Silahkan kunjungi Play Store untuk berbelanja aplikasi Android!



0 comments:

Post a Comment