Cloud Computing


Tahun 2011 merupakan era baru teknologi komputasi awan (Cloud Computing). Teknologi komputasi awan adalah solusi teknologi informasi dan komunikasi yang memberikan kesempatan kepada konsumen untuk dapat menyewa layanan teknologi dari penyedia (provider). Penyedia memberikan jasa pengelolaan infrastruktur, platform, dan aplikasi jasa teknologi informasi sehingga memudahkan konsumen tanpa harus berinvestasi.

Komputasi awan muncul karena meningkatnya tuntutan permintaan pusat data (data center) dengan kapasitas tinggi dan sumberdaya yang semakin terintegrasi. Permintaan ini seiring dengan meningkatnya kebutuhan untuk mengelola pertumbuhan bisnis dan meningkatnya fleksibilitas TIK.

Keuntungan teknologi komputasi awan yang pertama adalah penghematan dari sisi supply, yaitu pusat data yang berskala luas (Large-data centers – DC’ s) dapat menghemat biaya yang dikeluarkan untuk server. Kemudian keuntungan yang kedua pengkombinasian dari sisi permintaan. Pengkombinasian permintaan dari komputasi untuk melancarkan komunikasi dapat memungkinkan peningkatan pemanfaatan server. Sementara yang terakhir adalah efisiensi multi sewa (multy-tenancy). 

Teknologi komputasi awan adalah salah satu solusi layanan TIK yang memungkinkan penggunanya menyewa layanan TIK dari penyedia jasa layanan (provider) baik itu layanan software, platform maupun infrastruktur. 



0 comments:

Post a Comment