Pemrograman C di Linux

Membuat program C di Linux tidaklah sesulit yang Anda bayangkan. Linux telah menyediakan build-in compiler untuk bahasa C  dimana Anda tidak perlu menginstall compiler lain untuk menjalankan program C. Ada banyak compiler yang dapat digunakan untuk menjalankan program C, antara lain Miracle C, Turbo C, Microsoft Visual C++, dll. Namun pada kali ini saya akan membahas compiler C yang sudah tersedia di sistem Linux yaitu GCC.

Untuk memulai membuat program C di Linux yang Anda perlukan adalah sebuah text editor. Anda dapat menggunakan bermacam - macam text editor, antara lain Vi, Pico, Vim, KWord, Nano, gedit, Emacs, dll. Text editor itu sendiri digunakan untuk menuliskan coding program yang akan dijalankan.

Saya akan memberi contoh membuat program perhitungan luas segitiga menggunakan gedit sebagai text editornya di distro Ubuntu, seperti gambar di bawah ini.


Setelah menuliskan coding program simpan file dengan ekstensi *.C & saya sarankan untuk menaruhnya di Home Folder Anda. Setelah itu jalankan program tersebut menggunakan compiler GCC. Pertama - tama buka Terminal, lalu ketikan :

gcc Segitiga.c

Perintah tersebut digunakan untuk mengkompilasi program Segitiga tadi. Setelah mengkompilasi program, ketikan :

./a.out

Perintah tersebut digunakan untuk membuat objek program & mengeksekusinya sehingga program yang sudah dikompilasi tadi dapat dijalankan di Terminal, seperti gambar di bawah ini.


NB : File header "conio.h" hanya dapat digunakan untuk basis DOS / Windows & tidak dapat digunakan di basis Linux.

0 comments:

Post a Comment