Pengertian Web Science


Saat ini Internet dengan teknologi webnya sudah merupakan sarana yang penting dan dimanfaatkan oleh berbagai disiplin ilmu dan berbagai lapisan masyarakat, tantangan yang dihadapi tidak lagi pada sisi teknis, tapi juga merambah ke arah sosial seperti budaya, bahasa, dan organisasi. Peningkatan kemampuan komputasi pada perangkat komputer serta juga meningkatnya infrastruktur dan aplikasi berbasis Internet telah mendorong terjadinya ledakan informasi. 

Seperti kita ketahui, saat ini pemahaman komputer bukan saja pada personal komputer ataupun notebook, tetapi perangkat mobile adalah juga merupakan salah satu bentuk komputer. Teknologi Internet dan Web telah memudahkan dalam melakukan penyimpanan dan pendistribusian data serta informasi. Ledakan informasi selain membawa nilai positif juga melahirkan permasalahan baru. Menurut Hearst [Helfin, 2003] salah satu problem baru pada ledakan informasi adalah terjadinya keragaman yang disebabkan oleh beberapa hal utama sebagai berikut:
  1. Web adalah massive, dimana jumlah sumber data dan informasi berbasis web mengalami pertumbuhan yang luar biasa dalam orde ratusan ribu hingga juta per tahun.
  2. Web bersifat terdistribusi, teknologi web memberikan tingkat autonomi yang lebih tinggi sehingga ketersebarannya juga semakin besar. Akibatnya setiap pemilik web dapat menyajikan data ataupun informasi dengan vocabulary yang berbeda walau yang dimaksud adalah sama.
  3. Web juga bersifat dinamis, sebuah web bisa hadir pada jaringan Internet tidak terikat, lokasi geografis ataupun nama logika dari sebuah sumber informasi dapat berubah secara mudah dan sering, perubahan isi dari web juga tidak dapat diperkirakan.
  4. Web bersifat open, sebuah web dapat dibuat dan dibaca oleh setiap orang secara prinsip. Sehingga isu keamanan dan kepercayaan (trust) menjadi permasalah tersendiri.
Web itu selalu berkembang dan kita butuh untuk mengerti itu untuk mengantisipasi perkembangan masa depan, mengidentifikasi peluang-peluang dan ancaman-ancaman, dan membangun suatu prinsip atau pengetahuan baru. Ilmu pengetahuan tidak perlu ada sepanjang waktu, itu muncul secara periodik. Gabungan atau persimpangan antara 2 atau lebih ilmu pengetahuan itu namanya ilmu pengetahuan kognitif.
Tujuan dari web itu sendiri adalah sebagai berikut :
  1. Untuk mempromosikan dan mendorong dan mendorong penelitian kolaboratif untuk mempelajari pengembangan web.
  2. Untuk memberikan forum global bagi para akademis, pemerintah, dan industri untuk mengembangkannya.
  3. Untuk mendorong perkembangan dari web dan memungkinkan merancang inovasi kurikulum untuk prinsip atau pengetahuan baru dari web science. Jadi, untuk melatih generasi-generasi pendatang dari peneliti web itu sendiri.
Berbagai riset yang komprehensif mempertanyakan bagaimana relasi Web dan relasi terhadap multi disiplin. Riset ini mendorong lahirnya paradigma Web Science. Web Science adalah sebuah ilmu dari desentralisasi sistem informasi. Web Science membutuhkan pemahaman akan Web dan juga fokus pada pengembangan terhadap kebutuhan komunikasi dan representasi. Sangat disadari bahwa World Wide Web adalah teknologi yang berusia baru beberapa tahun, di sisi lain Web adalah bukan dunia yang statis tetapi super dinamis.


Yang penting dari web science adalah web science itu interdispliner. Maksudnya adalah ilmu yang saling berhubungan, berkaitan satu sama lain, seperti matematika, fisika, kecerdasan buatan, sosial-budaya, ilmu politik, hukum, media, rekayasa web, biologi, ekologi, geografis yang didalamnya perlu kita pahami.


Web science pada waktu dulu kita perlu mengetahui struktur dari web, bentuk dari web, bagaimana membangun web yang menyediakan keamanan dan untuk mempublikasikan koneksi web dari link yang satu ke link yang lain sehingga mereka membuat siklus. Jadi, koneksi akan ada, dan web kecil dipublikasikan atau masyarakat mempengaruhi web yang lebih besar itu dengan memahami faktor-faktor ilmiah, teknis dan sosial.

Web science pada masa sekarang, fenomenanya sukarela. Maksudnya adalah dikontribusi oleh seorang relawan, contohnya seperti wikipedia. Web sosial mempengaruhi apapun seperti pendidikan, lingkungan, dan isu.

Web science pada masa yang akan datang diharapkan web tersebut dapat terkait data informasi yang bisa dihubungkan bersama. Data bisa berada dimana-mana, sehingga kita tidak perlu khawatir bagaimana mendapatkannya kembali.

0 comments:

Post a Comment