Web 1.0

Web 1.0 muncul tepatnya pada tahun 1991 dimana bertepatan dengan kemunculan www atau world wide web. Web 1.0 masih merupakan web yang masih mudah untuk digunakan dan termasuk dalam perkembangan web statis. Seperti yang kita bahas tadi, web 1.0 yang merupakan web statis, mempunyai konten dan isi yang tidak dapat berubah-ubah dan para pengunjung web tidak bisa memberikan komen berupa feedback yang ingin mereka berikan. Dalam web 1.0 mempunyai desain yang di dalamnya menggunakan framesets, kemudian di dalamnya terdapat buku tamu on line, ada tombol GIF (biasanya 88×31 pixel) yang di dalamnya berisikan web dan produk-produk lain. Format HTML yang telah dibuat dikirim melalui e-mail. Untuk mengisi form on line, kita harus menggunakan e-mail. Contoh dari web 1.0 adalah e-mail, karena komunikasi yang terjadi masih bersifat satu arah.


Layanan yang internet kala itu masih berkisar diantara static website yang saling dihubungkan dengan hyperlink. Umumnya website berformat “brosur online” – website yang menyampaikan informasi satu arah – umumnya berbentuk profile, portal berita, toko online, layanan email, dll. Web kala itu dihuni oleh website-website yang di desain menggunakan table dan flash. Contohnya adalah DotCom Bubble Burst, atau DotCom Crash, atau DotCOm Doom.


Tahun 1998, Google berdiri dan internet menjadi semakin mudah untuk dijamah. di kala itu potensi website dengan format portal berita dan toko online (seperti amazon.com) di lirik besar-besaran oleh investor. Di US, dana jutaan dollar diinvestasikan untuk masuk ke bidang online yang sayangnya, tidak semua website dengan modal jutaan dollar tadi dapat menghasilkan. Pada pertengahan 2000, gelembungan dana (bubble) yang masuk ke internet pecah (burst) juga. Dana yang masuk tidak berputar kembali menjadi keuntungan.

0 comments:

Post a Comment